Rabu, 11 Januari 2012

PENGARAHAN DAN PENGKOORDINASIAN

PENGARAHAN

*  Pengertian

Aspek hubungan manusiawi dalam kepemimpinan yang mengikat para bawahan untuk bersedia mengerti dan menyumbangkan tenaganya secara efektif serta efisien untuk mencapai tujuan.

*  Prinsip-prinsip Pengarahan

a.Prinsip mengarah kepada tujuan
b.Prinsip keharmonisan dengan tujuan
c.Prinsip kesatuan komando

* Cara-cara Pengarahan

a.Orientasi

b.Perintah
- Perintah umum dan khusus
- Perintah lisan dan tertulis
- Perintah formal dan informal

c. Delegasi wewenang

*  Komunikasi
 Dari beberapa definisi tentang komunikasi dapat disimpulkan bahwa :
- Di dalam komunikasi terdapat hubungan antara orang dengan orang,orang dengan lembaga dan sebaliknya.

- Hubungan yang timbul didalam komunikasi itu digunakan untuk menyalurkan gagasan,pendapat,atau informasi.

- Komunikasi berguna untuk menciptakan hubungan yang serasi dan menciptakan saling pengertian.
- Untuk mengadakan komunikasi,dapat digunakan kata-kata,kode,atau simbol

*  Motivasi
Motivasi mempunyai dua macam bentuk,yaitu

a.Motivasi positif
Merupakan proses untuk mempengaruhi orang lain dengan cara memberikan penambahan tingkat kepuasan tertentu
.
b.Motivasi negative
Merupakan proses untuk mempengaruhi orang lain dengan cara menakut-nakuti atau mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu secara terpaksa.

PENGKOORDINASIAN

*  Prinsip-prinsip Koordinasi

a.Prinsip kontak langsung
b.Prinsip penekanan pada pentingnya koordinasi
c.Hubungan timbale balik diantara factor-faktor yang ada

* Pelaksanaan Fungsi Koordinasi
Untuk melaksanakan fungsi koordinasi,manajer dapat menempuh dua cara, yaitu :

a. Menjamin bahwa kondisi lingkungan dapat membantu untuk memberikan fasilitas bagi terlaksananya  koordinasi

b.      Memastikan apakah masing-masing individu sudah mengetahui prinsip-prinsip koordinasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar